Sunday, May 1, 2011

Fundraising

Setelah gempa berkekuatan 7.6 SR mengantam kota Padang dan Pariaman di Sumatera Barat pada tanggal 30 September 2009, PPIC mengambil inisiatif untuk menggalang dana yang akan disumbangkan untuk membantu korban gempa. Inisiatif ini disambut antusias oleh masyarakat Indonesia yang bermukim di Christchurch, bahkan teman-teman yang bermukim diluar daerah pun tidak segan mengulurkan tangannya membantu. Walaupun kami jauh di rantau orang, namun kami juga ingin memberikan sesuatu buat saudara-saudara kami yang membutuhkan pertolongan.


Koordinasi secara cepat di University of Canterbury dan dibukalah rekening bersama untuk menggalang dana. Dua acara penggalangan dana juga disepakati akan di laksanakan pada tanggal 7 Oktober 2009 di University of Canterbury dan tanggal 11 Oktober 2009 di Art Center, Christchurch. Fundraising yang pertama bertujuan untuk mengumpulkan dana dari kalangan akademik dengan menjual beragam makanan Indonesia dan juga men-display foto-foto gempa.


Sementara itu, penampilan tarian dan aneka ragam makanan Indonesia yang dijual di Art Center Christchurch mampu menyedot perhatian pengunjung di sekitar lokasi fundraising. Apalagi dengan pemutaran film dokumenter tentang gempa Padang-Pariaman memberikan informasi lebih lanjut mengenai situasi terakhir di Sumatera Barat. 


Dengan mengusung slogan 'A dollar from you means a lot for the victims', kami memperoleh cukup banyak sumbangan. Dana yang tergalang dalam dua hari itu adalah NZD 6,000 yang kemudian di distribusikan langsung ke Padang Pariaman melalui Pondok Kemanusian dan disalurkan langsung untuk pembangunan rumah di Padang Pariaman. Antusiasme para pengunjung untuk memberikan dolar mereka sungguh menyentuh hati kami. Bencana telah menguatkan tali kemanusiaan tanpa memandang latar belakang, agama, ras dan status sosial. Yang ada adalah rasa kemanusiaan untuk bersatu membantu korban yang memerlukan uluran tangan.

Thank you angels for dollars that you have donated for the victims. GBU!

No comments: